Ada 3 jenis load bank, yang dapat digunakan untuk test load genset, dan pengetesan pada battery, sistem UPS, dan transformer. Ketiganya yaitu sebagai berikut.

Dummy Load Larutan Air Garam

Cara melakukan uji load genset yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan air garam sebagai media beban. Dalam proses ini, digunakan sejumlah air yang dicampur dengan garam dengan konsentrasi tertentu. Garam yang larut dalam air berperan sebagai media elektrolit. Lalu, terdapat elektroda (tembaga) yang disambungkan dengan genset.

Prosedur uji load genset dengan cara ini adalah dengan memasukkan elektroda yang sudah tersambung dengan unit genset secara perlahan. Sekain pekat air garam terlarut dan semakin dalam media elektroda yang tercelup ke dalam larutan elektrolit, maka semakin tinggi juga nilai beban yang bisa didapatkan.

Load Bank Grid Resistor

Loadbank berkualitas ini terdiri dari lempengan plat nickelin yang memiliki karakteristik tahanan (ohm) yang disusun sedemikian rupa sehingga memiliki nilai tahanan tertentu untuk media pembebanan.

Plat nickelin tersusun dari lapisan isolator yang tahan panas. Pada saat dilakukan pembebanan, plat nickeli ini akan membara. Dalam hal ini, perlu dilakukan pendinginan dengan blower jika Anda ingin menginginkan tesnya dilakukan dalam waktu yang lebih lama.

Pola pengetesan ini bisa dilakukan secara bertahap dan bertingkat sesuai dengan besaran nilai tahanan dari susunan plat nickelin ini. Semakin besar kapasitas pengetesan, maka panas yang akan diproduksi akan semakin besar pula.

Load Bank Element Heater

Loadbank berkualitas ini tersusun dari sejumlah element heater dengan kapasitas tertentu yang disusun sedemikian rupa untuk mendapatkan nilai pembebanan. Element heater ini terbuat dari kawat nickelin yang dibungkus dengan gips dan pipa bersirip yang memberikan keamanan yang cukup tinggi dalam pengetesan.

Proses pengetesan dilakukan dengan mengalirkan udara yang bertekanan ke dalam rangkaian alat ini. Udara ini akan membantu membuang panas yang dihasilkan sehingga pola pengetesan bisa dilakukan secara kontinyu.

Penataan dari load bank ini cukup ringkas sehingga alat ini mudah untuk dimobilisasi. Load test equipment dengan kapasitas 500 KW yang bisa diangkut dengan mobil pick up. Cara mengoperasikannya juga praktis, hanya dengan menambahkan multimeter, maka semua parameter bisa dicatat dengan mudah.